Senin, 04 Juni 2012

HUMAN ANATOMY AND PHYSIOLOGY task II


TASK II
SISTEM RESPIRASI

1.   Tuliskan cirri-ciri struktur anatomy bagian konduksi dan bagian respirasi penyusun sistem respirasi.
Jawab :
A.    Rongga hidung dan nasal
1)      Hidung eksternal berbentuk pyramid disertai dengan suatu akar dan dasar. Bagian ini tersusun dari kerangka kerja tulang, kartilago hialin dan jaringan fibroareolar. Terdiri dari septum nasal, naris, tulang hidung dan empat pasang sinus paranasal (frontal, etmoid, maksilar dan sphenoid).
2)      Membrane mukosa nasal
a.       Kulit pada bagian eksternal permukaan hidung yang mengandung folikel rambut, keringat, dan kelenjar sebasea, merentang sampai vestibula yang terletak di dalam nostril. Kulit dibagian dalam ini mengandung rambut (vibrissae) berfungsi untuk menyaring partikel dari udara terhisap.
b.      Dibagian rongga nasal yang lebih dalam, epithelium respiratorik membentuk mukosa yang melapisi ruang nasal selebihnya.lapisan ini terdiri dari epithelium bersilia.
B.     Faring
           Adalah tabung muscular berukuran 12.5 cm yang merentang dari bagian dasar tulang tengkorak sampai esophagus. Terdiri dari nesofaring, orofaring dan laringofaring.
1)      Nasofaring adalah bagian posterior rongga nasal yang membuka kea rah rongga nasal melalui dua naris internal (koana).
2)      Orofaring dipisahkan dari nasofaring oleh platum lunak muscular, suatu perpanjangan palatum keras tulang.
3)      Laringofaring
C.     Laring (kotak suara)
           Menghubungkan faring dengan trakea. Laring adalah tabung pendek berbentuk seperti kotak triangular dan ditopang oleh Sembilan kartilago, tiga berpasangna dan tiga tidak berpasangan.
1)      Kartilago tidak berpasangan : kartilago tiroid, kartilago krikoid, epiglottis.
2)      Kartilago berpasangan : kartilgo aritenoid, kartilago kornikulata, dan kartilago kuneiform.
3)      Dua pasang lipatan lateral membagi rongga laring : pasangan bagian atas adalah lipatan ventricular, dan pasangan bagian bawah adalah pita suara sejati.
D.    Trakea (pipa udara)
           Adalah tuba dengan panjang 10-12 cm dan diameter 2.5 cm serta terletak diatas permukaan anterior esophagus. Tuba ini merentang dari laring pada area vertebra serviks keenam sampai area vertebra toraks kelima tempatnya membelah menjadi dua bronkus utama.
E.     Percabangan bronkus
1)      Bronkus (utama) kanan berukuran lebih pendek, lebih tebal, dan lebih lurus dibandingkan bronkus primer kiri.
2)      Setiap bronkus primer bercabang 9-12 kali untuk membentuk bronki sekunder dan tersier dengan diameter yang semakin kecil.
3)      Bronki disebut ekstrapulmonar sampai memasuki paru-paru setelah itu disebut intrapulmonar.
4)      Struktur mendasar dari kedua paru-paru adalah percabangan bronchial yang selanjutnya : bronki, bronkiolus, bronkiolus terminal, bronkiolus respiratorik, duktus alveolus dan alveoli.
2.      Pembuluh darah dan pembuluh limfa pada paru-paru
·         Pembuluh darah
1)      Arteri (pembuluh nadi) : arteri pulmonalis merupakan pembuluh darah yang membawa darah menuju paru-paru.
2)      Vena (pembuluh balik) : vena pulmonalis merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari paru-paru menuju jantung.
·         Pembuluh limfa (pembuluh getah bening).
Pembuluh limfa dada kiri (ductus toracikus) : menerima aliran limfa dari bagian lain dan bermuara di pembuluh balik di bawah selangka kiri. Pembuluh ini merupakan tempat bermuaranya pembuluh-pembuluh lemak yaitu mengumpulkan asam lemak yang diserap oleh usus.
3.      Makrofag pada sistem respirasi
Makrofag alveoli adalah monosit yang berasal dari sumsum tulang belakang dilepaskan ke sirkulasi darah dan masuk ke sirkulasi kapiler paru menuju jaringan interstitial dan alveoli. Berfungsi sebagai makrofag yang menjaga alveoli tetap bersih dan steril serta aktivitas mikroorganisme.
4.      Jelaskan tentang pleura !
Pleura adalah membrane penutup yang membungkus setiap paru.
·         Pleura parietal adalah melapisi rongga toraks (kerangka iga, diafragma, mediastrum)
·         Pleura visceral melapisi paru dan bersambungan dengan pleura parietal di bagian bawah paru.
·         Rongga pleura (ruang intrapleural) adalah ruang potensial antara pleura parietal dan visceral yang mengandung lapisan tipis cairan pelumas.
·         Resesus pleura adalah rongga pleura yang tidak berisi jaringan paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar